5 Macam Makanan Ikan Cupang dengan Gizi Tinggi

Posted on

5 Macam Makanan Ikan Cupang dengan Gizi TinggiIkan cupang termasuk kedalam ikan hias yang tidak sulit untuk dipelihara, apalagi urusan makanannya. Makanan ikan cupang dapat dengan mudah didapatkan, tentu saja dengan harga yang murah. Namun, jika kita ingin ikan dapat tumbuh cepat, sehat dan indah. Maka kita tidak begitu saja serta merta memberikan makanan ikan. Faktor kandungan gizi pada makanan ikan pun penting kita perhatikan, agar ikan dapat tumbuh sesuai dengan apa yang kita inginkan. Nah, berikut adalah 5 jenis makanan yang sangat bagus untuk ikan cupang:

  1. Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk atau yang biasa kita sebut dengan cuk merupakan salah satu makanan ikan yang sangat baik untuk cupang. Konon makanan ingin sangat baik untuk pertumbuhan ikan cupang, terutama untuk ikan cupang yang masih kecil. Jentik nyamuk ini, tidak sulit untuk kita temukan. Kita bisa menemukannya di bak mandi, ember, atau pada genangan air lainnya.

Oleh karena itu kita dapat dengan mudah mengkultur atau membudidayakan jentik nyamuk ini. Caranya kita hanya perlu menyiapkan media sebagai genangan air, kemudian kita simpan pada tempat gelap. Usahakan beri dedaunan kering pada wadah, agar nyamuk lebih tertarik untuk datang dan bertelur disana. Membudidayakan jentik nyamuk sendiri, tentunya akan lebih bagus, karena jentik yang kita hasilkan untuk makanan ikan lebih bersih dan streril dari jentik hewan lain.

  1. Cacing Sutera

Makanan ikan selanjutnya yang sangat cocok untuk ikan cupang adalah cacing sutera atau res water worms. Menemukan cacing ini tidak lah sulit, biasanya dapat kita temukan dengan mudah disekolak yang kotor. Tetapi jika anda merasa jijik untuk mengambilnya langsung, anda dapat membelinya di tempat yang jual makanan ikan. Karena pada setiap tempat yang jual makanan ikan cacing sutera ini pasti tersedia. Dan juga cacing yang kita dapatkan akan lebih bersih.

  1. Blood Worms (Cacing Darah)

Meskipun memiliki nama blood worms atau cacing darah, tetapi sebenarnya hewan ini adalah larva dari nyamuk Chironomus sp. Biasanya bisa kita dapatkan di tempat penjual makanan ikan dalam keadaan beku. Tetapi kandungan gizi yang ada pada cacing ini tidaklah banyak, sehingga kurang cocok jika diberikan untuk ikan cupang. Selain itu biasanya ikan cupang kurang tertarik dengan makanan yang sudah dibekukan atau mati. Makanan ini dapat kita gunakan sebagai pakan alternatif saja.

  1. Kutu Air

Water flea atau yang sering kita sebut dengan kutu air, merupakan makan favorit untuk burayak ikan cupang atau anakan. Kutu air sangat direkomendasikan untuk ikan cupang dewasa. Pasalnya kandungan gizi yang terdapat pada kutu air dapat mempercantik warna ikan serta memperkuat tulang sirip ekor. Namun, untuk diberikan pada burayak makanan ikan kurang cocok karena memiliki kandungan lemak didalamnya sedikit. Kutu air dapat kita temukan di sawah, danau atau kolam yang kondisi airnya berwarna hijau.

  1. Artemia (Brine Shrimp)

Artemia termasuk kedalam kelompok udang-udangan kecil yang biasa diberikan untuk burayak ikan cupang, agar pertumbuhannya cepat. Sebelum kita berikan untuk ikan cupang artemia harus di tetaskan terlebih dahulu menggunakan air laut. Karena habitat dari artemia ini adalah dari air laut.

Nah, itu lah 5 macam jenis makanan ikan cupang yang memiliki kandungan gizi tinggi yang dapat kita berikan untuk ikan cupang peliharaan kita.