Amalan-Amalan Sederhana Saat Haji Umroh

Posted on

Amalan-Amalan Sederhana Saat Haji Umroh

Menjalankan umroh desember maupun Haji adalah perjalanan suci yang diinginkan oleh semua muslim di dunia. Orang orang rela mengumpulkan uang hingga berpuluh tahun agar bisa berangkat ke tanah Suci yang akan menyempurnakan agamanya.

Oh iya, oleh karena haji maupun umroh hanya wajib dilakukan sekali seumur hidup, maka tujuh hal ini yang harus dilakukan agar perjalanan haji dan umroh anda berkah dan tak terlupakan!

Berikut Hal-Hal yang terkait terkait Haji maupun umroh

Haji maupun umroh merupakan perjalanan ritual ibadah yang sangat panjang. Selain itu ibadah umraoh atau  ibadah haji sangat padat, dan kadang sebagian orang sangat memusingkan. Terlebih lagi jika mereka tidak mengerti seluk-beluk haji dan umroh. Jadi sebelum berangkat pergi ke Tanah Suci, hendaknya Anda hatus mempelajari dasar-dasar kegiatan yang akan dilakukan di sana.

# Pergi Dengan Hati dan Niat yang Mantap
Pergi ke Tanah Suci adalah perkara yang sangat besar. Anda harus benar benar siap, baik secara fisik maupun dgn niat hati yang kuat. Persiapan fisik salah satunya dengan menjaga kesehatan. Sedangkan kesiapan hati harus Anda latih jauh-jauh hari, seperti mulai memperbaiki kualitas ibadah. Perjalanan haji dan umroh tak hanya perjalanan ibadah yang panjang, tapi juga perjalanan hati dan jiwa agar bisa lebih dekat kepada Sang Pencipta. Jika hati belum siap, bagaimana Anda bisa menerima hidayah-Nya?

# Melatih Kesabaran
Setiap tahun banyak jutaan orang yang melakukan ibadah haji anda akan bertemu dengan banyak sekali kerumunan jemaah. Besar kemungkinan Kekacauan besar terjadi. Melihat ini, Anda harus banyak-banyak bersabar dari situlah anda akan dilatih kesabaran anda, semua orang dikerumunan Jemaah haji / umroh juga merasakannya. Dari pada anda bikin pusing dan emosi, lebih baik anda berkonsentrasi dan banyak-banyak membaca doa. Semoga Allah memudahkan perjalanan anda dengan cara-Nya.

#Waktu Merupakan Sesuatu yang Sangat Berharga
Dalam ibadah haji dan umroh, waktu adalah ibadah setiap waktu nya. Kita tak boleh bermalas malasan. Segala hal berjalan dengan cepat saat ibadah besar ini berlangsung. Terbuang sedikit bisa membuat anda kehilangan kesempatan yang berharga dalam beribadah ini, haji atau umroh anda jadi kurnag  sempurna. Anda memang bisa membayar denda, namun bukankah sesuatu yang sempurna dengan sendirinya itu jauh lebih baik? Jadi, manfaatkanlah sesuatu yang berharga di Tanah Suci.

# Perjalanan Ini Bukanlah Wisata Agama, Tapi Ibadah
Haji dan umroh bukanlah sebuah perjalanan wisata / Rekreasi doang. Perjalanan ini merupakam ibadah yang diperintahkan alloh swt dan peirntah Rosululloh Saw. Itulah mengapa sebelum berangkat anda harus menyiapkan niat, hati yang kuat. Saat sudah sampai di Tanah Suci, Anda harus bisa menempatkan diri. Jangan melakukan hal-hal tak berguna, seperti selalu update di sosial media, foto selfie, atau hal-hal lain yang justru dapat menurunkan kadar ibadah dan mengurangi pahala karena riya. Haji dan umroh ini sangat sakral, jadi saat menjalankannya anda harus bersungguh-sungguh.

# Maknai Ibadahnya dengan Mendalam

Kita tak perlu banyak bicara saat berada di Tanah Suci. Kita tak perlu juga terlalu gembira hingga harus mengungkapkannya pada dunia. Yang bisa Anda lakukan adalah dengan memaknai ibadah itu. Menyelami segala hal dengan hati agar perjalanan jauh dan panjang ini tak jadi sia-sia.

#Selalu Melakukan Kebaikan
Lakukan kebaikan terus-menerus. Dengan melakukan kebaikan, semoga Allah akan membuat kita selalu aman dan nyaman selama melaksanakan ibadah umroh / Haji nya. Dan yang lebih penting lagi, segala pengalaman berharga akan tercipta dengan sendirinya tanpa perlu dicari.